3 Gunung Api Paling Aktif Di Dunia

3 Gunung Api Paling Aktif Di DuniaBerikut akan kita bahas tentang 3 gunung merapi yang paling aktif di Dunia. Pada 17 Maret 1963, salah satu letusan gunung paling dahsyat terjadi. Pada saat itu, Gunung Agung meletus, usai tertidur panjang selama 120 tahun semenjak letusan terakhirnya pada tahun 1821.

Letusan pada tahun 1963 itu menjadi salah satu letusan yang paling dahsyat di dunia. Tak hanya dalam skala nasional, melainkan juga dalam skala internasional. Malahan, letusan itu disebut sebagai letusan paling dahsyat di abad-20. Akibat letusan itu, 1.400 jiwa melayang dan melukai hampir 300 orang. Terus dimanakah letak gunung berapi paling aktif di dunia ? Berikut rangkumannya :

1.Gunung Mauna Loa, Hawaii

(Gunung Mauna Loa, Hawaii)

Hawaii merupakan pulau termuda dari rangkaian Kepulauan Hawaii. Penciptaannya dimulai sekitar satu juta tahun lalu, dimana ketika itu terjadi rangkaian letusan lima gunung api bawah laut yang terjadi dari waktu ke waktu. Letusan itu kemudian menciptakan lapisan-lapisan lava yang saling menindih satu sama lain hingga membentuk daratan –Pulau Hawaii.

2. Gunung Vesuvius, Italia

( Gunung Vesuvius, Italia )

Sejarah mencatat letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 M sebagai salah satu letusan gunung paling dahsyat di dunia. Letusannya ketika itu bahkan sampai mengubur Pompeii dan Herculaneum, dua kota yang terletak di sekitar lereng Gunung Vesuvius.

Terletak hanya 9 km dari Kota Naples, menjadikan Gunung Vesuvius sebagai wilayah vulkanik dengan jumlah penduduk paling tinggi di dunia.

Baca Juga : Prediksi Manusia Seabad Lalu seputar Kehidupan Dikala Ini, Sama?

3.Gunung Merapi, Indonesia

(Gunung Merapi, Indonesia)

Terletak di wilayah administrasi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, bahkan di dunia.

Sejak letusan pada tahun 1548, Gunung Merapi mengalami siklus letusan paling teratur di antara gunung berapi lain di Indonesia. Terakhir, letusan Gunung Merapi terjadi pada 26 Oktober 2010.

Pada letusan itu, 353 jiwa melayang, termasuk sang juru kunci, Mbah Maridjan yang menolak dievakuasi. Keberadaan Gunung Merapi memang sudah melekat erat dengan kehidupan masyarakat, terbukti dengan catatan statistik yang menunjukkan ribuan orang masih hidup dan bertempat tinggal di sekitar Gunung Merapi.

Berikut 3 Gunung di atas merupakan gunung api yang masuk ke daftar gunung api teraktif di dunia. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sekalian.

Baca juga artikel lainnya disini :
(https://55115110238.blog.mercubuana.ac.id/)

Leave a Reply